Home / Wisata Kuliner / 7 Makanan Oleh Oleh Khas Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan

7 Makanan Oleh Oleh Khas Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan

Banjarmasin adalah ibukota provinsi Kalimantan Selatan, yang Populer dengan julukan Kota Seribu Sungai. Banjarmasin merupakan salah satu kota yang cukup maju perkembangannya, yang menjadi pusat perdagangan di wilayah Kalimantan Selatan.

Bagi anda yang datang ke Banjarmasin, baik itu urusan pekerjaan ataupun dalam rangka liburan, tentunya anda tidak ingin meninggalkan Banjarmasin dengan tangan kosong kan. Ada berbagai jenis makanan yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh oleh untuk keluarga dan orang orang terdekat anda, ketika anda berkunjung ke Banjarmasin.

Beraneka makanan yang bisa anda bawa pulang saat anda meninggalkan Banjarmasin yaitu :

Dodol Kandangan

image by :singgahi.com

Tidak hanya di Garut saja yang terkenal akan Dodolnya, di Banjarmasin, anda juga dapat menemukan Dodol dengan berbagai macam rasa yang memanjakan lidah. Sesuai dengan namanya, Dodol Kandangan adalah makanan khas dari Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, yang sudah diproduksi secara turun temurun.Bahan utama pembuatannya adalah dari beras ketan dan gula aren.

image by : ksmtour.com

Sekilas memang terlihat mirip dengan dodol pada umumnya, namun yang membedakannya adalah teksturnya yang lembut dan terasa lebih manis. Dodol Kandangan ini sudah dikemas dengan berbagai macam ukuran. Harga Dodol Kandangan ini cukup terjangkau, mulai dari harga Rp 2000,- sampai dengan Rp 10.000,-.

Rimpi Pisang

image by : bukalapak.com

Rimpi merupakan makanan yang terbuat dari buah pisang yang dibelah menjadi dua bagian. Diteruskan dengan proses penjemuran agar kadar air didalam pisang menjadi berkurang dan awet untuk disimpan.Rimpi merupakan makanan khas warga Binuang Kalimantan Selatan, rasanya manis dan lezat. Karena dibuat dengan bahan alami tanpa pengawet, Rimpi Pisang sangat aman dikonsumsi. Makanan yang satu ini cocok di jadikan oleh oleh, karena Rimpi Pisang ini sangat pas disajikan saat santai bersama teman dan keluarga. Untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit, Rimpi Pisang sudah banyak tersedia di toko yang menjual oleh-oleh khas Kalimantan Selatan.

Apam Barabai

image by : ksmtour

Apam Barabai adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang berasal dari kota Barabai Hulu Sungai Tengah. Apam Barabai merupakan kue basah yang dibuat dari tepung beras, santan, gula merah/putih. Makanan ini bentuknya bulat dan tipis,, ada yang berwarna kecoklatan, dan ada juga yang putih.Warna kecoklatan dari Apam bukan dihasilkan dari pewarna makanan, tetapi dihasilkan dari bahan utama nya, yakni gula merah, sehingga membuat rasa dan aromanya khas gula merah, manis dan gurih. Yang putih pun tidak kalah nikmat, rasanya juga manis. Bagi yang tidak menyukai aroma gula merah, bisa memilih Apam yang berbahan gula putih ini.

Amplang

image by : oleholehbanjar
image by : masakandapurku

Amplang adalah nama kerupuk dari Kalimantan Selatan yang terbuat dari bahan ikan Gabus atau ikan Tenggiri yang digiling, dicampur dengan tepung dan bumbu bumbu lainnya, yang sebelum digoreng, harus melalui proses penjemuran, agar menghasilkan Amplang yang gurih dan lezat. Anda bisa mendapatkan jajanan khas Kalimantan Selatan ini di toko oleh oleh yang sudah banyak tersedia.

Iwak seluang goreng

image by : tokopedia

Iwak atau ikan Seluang Goreng merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Selatan. Makanan ini tidak hanya disajikan di berbagai Rumah Makan khas Banjar yang ada di Banjarmasin, makanan yang satu ini juga sering dijadikan sebagai salah satu camilan dalam melakukan perjalanan. Di Banjarmasin Iwak Seluang Goreng ini dijual sebagai makanan khas yang sering dijadikan oleh oleh para wisatawan yang datang berkunjung.

Iwak Sapat Karing

image by : tribunnews

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang dibuat dari iwak/ikan Sepat yang dijemur. Iwak Karing Sapat sangat popular menjadi oleh oleh, karena bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Biasanya iwak karing sapat ini dijual masih dalam keadaan mentah, untuk memasaknya sangat mudah, tidak perlu menambahkan bumbu-bumbu, cukup panaskan minyak goreng lalu masukan ikan Sapat kedalam penggorengan. Karena tekstur rasanya yang gurih, iwak Karing sapat sangat cocok dihidangkan dengan nasi putih.

Rabuk iwak Haruan

image by : abonikangabus
image by : bukalapak

Salah satu kuliner khas yang ada di Banjarmasin adalah Rabuk Iwak Haruan, atau yang dikenal sebagai abon ikan Haruan/Gabus. Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan Gabus/Haruan. Sesuai dengan Julukan Kota Seribu Sungai, maka tidak diragukan lagi akan banyaknya habitat ikan yang menjdi penghuninya, salah satunya adalah iwak Haruan ini. Kalau anda datang ke Banjarmasin, sangat sayang rasanya kalau anda tidak membawa pulang oleh oleh yang satu ini.

Nah demikian sedikit ulasan tentang oleh oleh khas Banjarmasin Kalimantan Selatan yang unik dan memiliki rasa yang nikmat. Bagi wisatawan yang datang berkunjung, kurang lengkap dong kalau anda pulang tidak membawa oleh oleh khas Banjarmasin ini.

About Ryan Samboga

Konten Writer/Editor Pernah belajar di SMKN 1 Banjarmasin Tinggal di Banjarmasin

Most Popular

5 Kuliner Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan Yang Wajib Di Nikmati

Kota Banjarmasin tidak hanya di kenal dengan julukan Kota Seribu Sungai nya, di Banjarmasin juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *