Home / Wisata Religi / Kubah Habib Basirih Banjarmasin Kalimantan Selatan
image by : Banjarmasintourism

Kubah Habib Basirih Banjarmasin Kalimantan Selatan

Kubah Habib Basirih merupakan sebuah makam keramat seorang ulama besar Kalimantan Selatan yang sampai sekarang dirawat dengan baik keadaannya dan dijadikan salah satu tujuan wisata religi di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Yang bertempat di jalan Keramat Rt.13 kelurahan Basirih, kecamatan Banjarmasin Barat, kota Banjarmasin Kalimantan Selatan.

image by : blogspot

Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau yang lebih dikenal dengan nama Habib Basirih merupakan keturunan Rasulullah SAW. Silsilah beliau yaitu;  Habib Hamid bin Abbas bin Abdullah bin Husin bin Awad bin Umar bin Ahmad bin Syekh bin Ahmad bin Abdullah bin Aqil bin Alwi bin Muhammad bin Hasyim bin Abdullah bin Ahmad bin Alwi bin Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman bin Alwi Umul Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath. Konon, antara Habib Basirih dengan salah satu wali songo, Sunan Ampel (Raden Rahmat), masih ada hubungan kekeluargaan. Sama-sama keturunan dari Waliyullah Muhammad Shahib Mirbath(merupakan keturunan generasi ke 16).

image by : tribunnews

Habib Basirih dikenal memiliki Karomah yang diberikan Allah SWT, diantaranya sepertimampu menghidupkan kambing,menyebrangi sungai dengan menggunakan Tanggui(topi yang biasa digunakan petani yang berbahan daun), menolong sebuah kapal yang hampir tenggelam dari tempat lain dengan menggunakan gayung, dan masih banyak karomah karomah lain yang ada pada diri beliau.

image by : jaljuan
image by : wikiwand

Pada masa hidup beliau, Habib Basirih merupakan seorang alim yang berbeda sifatnya dari orang kebanyakan. Banyaknya perilaku beliau yang aneh, membuat sebagian masyarakat menyebut beliau orang gila. Walaupun begitu, Habib Basirih juga dipercaya sebagai guru agama dan guru mengaji di kampungnya.

Alkisah, waktu itu beliau pernah duduk di pinggiran sungai, dan kebetulan ada seorang pedagang kue lewat, dipanggillah pedagang tersebut, tetapi pedagang itu tidak mau menghampiri beliau. Ternyata setelah itu tak satupun barang  dagangannya laku terjual, sampai menjelang sore hari saat pedagang tersebut pulang. Diwaktu yang berbeda, ada pedagang yang lewat, dan menghampiri beliau, tak lupa juga memberikan kue dagangannya, tak disangka oleh pedagang tersebut, tak sampai siang hari dagangannya sudah habis terjual.

image by : youtube

Ada keunikan yang terjadi di Makam Habib Basirih, yaitu tanah makam beliau dari tahun ke tahun bertambah tinggi, padahal makam beliau terletak didaerah pinggiran sungai. Warga sekitar pun heran, karena secara logika, daerah pinggiran sungai biasanya akan mengalami erosi, tapi tidak dengan makam beliau, bahkan tanahnya semakin meninggi. Dan warga berpendapat , itu merupakan mukjizat Allah untuk Wali Nya. Kubah Habib Basirih tidak pernah sepi dari para penziarah, baik itu dari kota Banjarmasin maupun dari luar kota, dan setiap tahun akan hadir ribuan jamaah disaat acara Haul beliau.

Untuk menuju ke Kubah Habib Basirih, bisa menggunakan jalur darat dan sungai. Menggunakan jalur darat bisa melalui jalan Trisakti,teruskan ke jalan Gubernur Subardjo/ Jl.Lingkar Selatan, sebelum naik jembatan Basirih, ambil ke kiri menuju bawah jembatan, dari situ belok kanan sekitar 600 meter untuk menuju kubah. Atau bisa juga menggunakan jalur sungai Martapura untuk menuju Kubah Beliau.

About Ryan Samboga

Konten Writer/Editor Pernah belajar di SMKN 1 Banjarmasin Tinggal di Banjarmasin

Most Popular

Masjid Sultan Suriansyah, Masjid Tertua Peninggalan Kerajaan Banjar Kalimantan Selatan

Masjid Sultan Suriansyah merupakan Masjid tertua yang ada di wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masjid Sultan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *