Home / Wisata Alam / Merasakan Sensasi Ganasnya Perlawanan Sang Predator di Seruyan Kalimantan Tengah

Merasakan Sensasi Ganasnya Perlawanan Sang Predator di Seruyan Kalimantan Tengah

Kabubaten Seruyan merupakan salah satu Kabupaten termuda di provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten Seruyan beribukota di Kuala Pembuang resmi menjadi Kabupaten pada tahun 2002, dimana sebelumnya hanyalah kota kecamatan yang berada di bawah pemerintahan daerah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kuala Pembuang berjarak sekitar 154 Km dari kota Sampit (Kotawaringin Timur), atau sekitar 383 Km dari kota Palangkaraya. Kabupaten Seruyan dari dahulu sudah dikenal sebagai daerah penghasil ikan, baik itu ikan air tawar maupun ikan laut, karena letaknya berbatasan langsung dengan laut. Dan untuk kalian yang akan menuju ke Seruyan, Pastikan jangan lupa membawa kamera anda, karena sebelum memasuki kota Kuala Pembuang, anda akan melalui jalur pesisir pantai yang panjang, yang sangat disayangkan kalau hanya dilewatkan begitu saja.

Bagi kalian yang hobi memancing, sangat dianjurkan untuk mencari lokasi memancing didaerah ini, karena di daerah ini bisa disebut sebagai surganya para pemancing. Sudah menjadi rahasia umum, potensi ikan didaerah kabupaten Seruyan ini masih melimpah, bahkan mayoritas masyarakat Kotawaringin Timur juga sering memancing di daerah ini.

Sungai Kalua merupakan salah satu anak sungai yang ada di Seruyan. Di sungai ini terdapat berbagai jenis ikan air tawar yang masih terjaga habitatnya, seperti ikan Patin, ikan Baung, ikan Kelabau, ikan Tapah, ikan haruan(gabus), ikan Toman, dan masih banyak jenis ikan air tawar lainnya.

Untuk menuju sungai Kelua, kita tidak bisa menggunakan jalur darat, melainkan harus melalui jalur sungai. Bagi anda yang ingin ke sungai Kalua, anda bisa naik Kelotok(perahu mesin) dari pelabuhan Kuala Pembuang, dengan jarak tempuh sekitar satu jam perjalanan.

Ikan Toman (giant snake head) merupakan salah predator ganas yang merupakan penghuni sungai Kalua. Ikan Toman adalah predator sejati, yang besarnya dapat mencapai 10 kg lebih. Untuk memancing ikan Toman, kita bisa menggunakan teknik casting, dan menggunakan umpan palsu/buatan.

Ikan Toman ini adalah salah satu sasaran favorit pemancing mania, karena keganasan dan besarnya tenaga ikan Toman ini, maka akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemancing. Bagi anda pemancing sejati, sudah selayaknya mencoba memancing disini, karena tidak semua daerah memiliki habitat ikan Toman.

Kapan lagi anda dapat merasakan keganasan perlawanan predator yang satu ini. Layak diperhitungkan untuk mengisi waktu liburan anda memancing ke daerah ini. Dan jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas daerah ini untuk keluarga dan teman teman, kalau anda berkunjung ke daerah Seruyan, yakni kerupuk ikan Pipih dan kerupuk ikan Tenggiri.

About Ryan Samboga

Konten Writer/Editor Pernah belajar di SMKN 1 Banjarmasin Tinggal di Banjarmasin

Most Popular

Pantai Angsana, Surganya Terumbu Karang di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan sudah tidak diragukan lagi akan keindahan alam nya, hanya selama ini masih ¬†banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *