Home / Wisata Alam / Pulau Kembang Dengan Populasi Monyet Yang Menyimpan Legenda

Pulau Kembang Dengan Populasi Monyet Yang Menyimpan Legenda

Pulau kembang merupakan salah satu wisata kebanggaan kota Banjarmasin, yang terletak ditengah sungai Barito, Kecamatan Alalak, kabubaten Barito Kuala, provinsi Kalimantan Selatan. Anda jangan terkecoh, karena di Pulau ini hampir tidak ditemukan beraneka macam Kembang atau Bunga. Melainkan hanya hutan wisata yang ditumbuhi berbagai macam pepohonan.

image by: indonesiakaya.com
image by : triptrus.com
image by : Indonesiakaya.com

Pulau Kembang memiiki daya tarik tersendiri, karena pulau tersebut merupakan habitat para monyet, yang dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Warik. Ada dua jenis habitat monyet yang menghuni pulau ini, yang sering terlihat adalah monyet berekor panjang, dan apabila beruntung anda akan menemui monyet berhidung panjang, yang lebih dikenal dengan sebutan Bekantan.

Bagi anda yang akan berkunjung ke pulau Kembang, jangan lupa memastikan barang bawaan anda berada ditempat yang aman, karena monyet monyet disini terkadang suka  usil. Dan jangan lupa membawa makanan ringan, misalkan seperti Kacang kulit dan snack, untuk kita bisa berinteraksi dan bercengkrama langsung dengan para monyet yang ada di sana.

image by : santri-martapura.blogspot.com
image by : ksmtour.com
image by : Atty

Alkisah cerita dahulu kala, Pulau Kembang berasal dari kapal Inggris yang dihancurkan pada masa pemerintahan kerajaan Banjar pada tahun 1750-an, dan puing bekas kehancuran kapal tersebut ditumbuhi pepohonan dan menjadi sebuah pulau yang dihuni oleh sekelompok kera. Dan konon katanya kelompok kera tersebut dipimpin oleh seekor kera putih yang sangat besar.

Bagi anda yang penasaran dengan pulau tersebut, anda dapat mengunjungi pulau tersebut dari Banjarmasin ke kecamatan Alalak, yang berjarak tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota, dan dari sana anda akan menyebrang menggunakan kelotok (kapal kecil) dari dermaga menuju pulau tersebut. Atau bagi anda yang suka menikmati panorama sungai Barito, anda bisa langsung menyewa kelotok dari pusat kota Banjarmasin. Dari pusat kota, anda cukup merogoh kocek anda sebesar Rp. 35.000,- untuk menikmati wisata ke pulau kembang.

Penasaran bagaimana sensasi berada diantara puluhan bahkan ratusan monyet, cobalah bersama keluarga maupun teman anda berkunjung ke Pulau Kembang, dan rasakan sensasi berada diantara banyaknya monyet liar penghuni pulau tersebut.

About Ryan Samboga

Konten Writer/Editor Pernah belajar di SMKN 1 Banjarmasin Tinggal di Banjarmasin

Most Popular

7+ Wisata Pantai Yang Populer di Kalimantan Selatan

Kalimantan merupakan salah satu kepulauan terbesar yang ada di Indonesia. Sudah tidak diragukan lagi, kalimantan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *