Home / Wisata Alam / Taman Siring Nol Kilometer Destinasi Wisata Keluarga di Banjarmasin

Taman Siring Nol Kilometer Destinasi Wisata Keluarga di Banjarmasin

Berkumpul dan bersantai bersama keluarga merupakan dambaan bagi semua orang, salah satu tempat tempat favorit masyarakat Banjarmasin untuk menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga adalah Taman Siring kota Banjarmasin, yang berada di Jl. Kapt. Piere Tendean, Banjarmasin. Tepatnya di seberang kompleks masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Taman ini mempunyai kelebihan dengan mempunyai tempat yang nyaman untuk aktivitas bersantai, nongkrong, bermain, menikmati panorama sungai Martapura dan melakukan aktivitas lainnya. Di taman ini banyak ditumbuhi pohon yang rindang, sehingga suasananya sejuk. Pohon-pohon disini berjenis penopang tanah bantaran sungai seperti trembesi yang memang ditanam oleh Pemerintah Kota Banjarmasin supaya sungainya lestari.

image by : melangkahjauh

Lantai Taman Siring ini tidak hanya terbuat dari keramik, melainkan diolah sedemikian rupa dengan berbagai macam motif, yang memang dibuat untuk tempat bersantai, dan ada pula motif bebatuan yang bermunculan, yang kerap digunakan pengunjung untuk refleksi kaki.

Selain itu, di Taman Siring juga terdapat sebuah menara, yang diberi nama Menara Pandang. Menara Pandang Banjarmasin adalah salah satu tempat wisata Kota Banjarmasin yang berada dikawasan Taman Siring, di menara ini kita dapat melihat keindahan Kota Banjarmasin dari ketinggian. Menara Pandang Banjarmasin saat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat Banjarmasin .Menara ini menjadi sebuah ikon wisata baru di kota Banjarmasin, selain pasar terapung, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Sultan Suriansyah dan Masjid Jami’ Banjarmasin.

image by : wisatabanjarmasin
image by : dabuana

Menara Pandang ini buka setiap hari senin sampai jum’at pada pukul 10.00-21.00 WITA. Hari Sabtu buka pukul 10.00-22.00 WITA  dan pada hari Minggu buka pukul 08.00-21.00 WITA. Pengunjungnya pun terdiri dari semua kalangan dan usia, dari anak kecil, remaja dan orang tua.

Ikon wisata yang menjadi salah satu Pesona kota Banjarmasin ini sering di penuhi warga setiap harinya, terutama saatsabtu sore dan di hari  Minggu, dari pagi sampai sore bahkan malam. Menara pandang ini berlantai empat, di bagian atas atau lantai tiga menara ini adalah area terbuka. Jadi, para pengunjung bisa naik ke atas dan menikmati pemandangan yang indahnya Kota Banjarmasin dari atas sana, apalagi jika cuaca nya sedang cerah

image by : wisatabanjarmasin
image by : wisatabanjarmasin

Di lantai atas menara, kita bisa melihat sekeliling Kota Banjarmasin, melihat hantaran sungai Martapura, kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan pemandangan sekitarnya yang sangat indah ketika di lihat dari atas Menara Pandang Banjarmasin. Dengan semilir angin yang menyejukkan, area ini menjadi salah satu area favorit pengunjung. Sebagian dari mereka ada yang hanya sekedar mengobrol, melihat perahu yang lalu lalang di Sungai Martapura, melihat keindahan pemandangan atau berfoto selfie dengan keluarga maupun sahabat. Meskipun area terbuka, tapi di lantai atas menara ini aman dan nyaman jika ada yang membawa anak kecil, karena di sekelilingnya di batasi dengan pagar yang tinggi. Sehingga pengunjung bisa bebas bersantai memandangi Kota Banjarmasin di ketinggian bersama keluarga ataupun sahabat.

Masuk ke tempat ini gratis, pengunjung hanya di kenai biaya parkir kendaraan Rp 2.000. Di sekitar menara Pandang Banjarmasin ini banyak juga penjual aneka makanan ringan dan minuman dan juga beraneka makanan khas Kota Banjarmasin, terutama di hari minggu banyak para pedagang berjualan di sekitar Menara Pandang Banjarmasin harganya murah kisaran antara ribuan rupiah hingga belasan ribu rupiah.

Di kawasan Taman Siring ini juga terdapat Pasar Terapung, yang menjual beraneka macam buah-buahan dan sayuran. Pasar Terapung yang berada di kawasan Siring ini hanya buka pada hari sabtu sore dan minggu pagi.

image by : kompasiana

Bagi anda yang ingin menikmati panorama sungai Martapura, anda dapat berkeliling menggunakan kelotok (perahu mesin) yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota. Tarifnya pun cukup murah, hanya dengan Rp 5000,- anda sudah dapat berkeliling sungai menikmati semilir angin diatas kelotok.

Taman Siring sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu santai bersama keluarga maupun kerabat dekat anda yang lain.

About Ryan Samboga

Konten Writer/Editor Pernah belajar di SMKN 1 Banjarmasin Tinggal di Banjarmasin

Most Popular

7+ Wisata Pantai Yang Populer di Kalimantan Selatan

Kalimantan merupakan salah satu kepulauan terbesar yang ada di Indonesia. Sudah tidak diragukan lagi, kalimantan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *